Caption: Jajaran Polsek Cisurupan saat melaksanakan razia knalpot bising terhadap pengendara motor. Foto: Ist

Bawaslu Indramayu Temukan Puluhan Surat Suara Rusak di Hari Pertama Penyortiran dan Pelipatan 

 Ciremaitoday.com, Indramayu-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, intensif melakukan pengawasan terhadap proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang KPU Indramayu, Desa Langut, Kecamatan Lohbener pada hari Senin (8/1) malam. Hasilnya para petugas berhasil menemukan puluhan surat suara yang dalam keadaan rusak.

Atas hal itu, salah seorang anggota Bawaslu Kabupaten Indramayu, Supriadi, menyarankan agar KPU langsung memperbaikinya.

Supriadi menekankan tentang pentingnya membuka surat suara sebelum dilipat dengan hati-hati, menjaga ketelitian dalam penghitungan, dan memastikan surat suara yang tidak memenuhi syarat di identifikasi dengan baik.

Selama proses itu, kata dia, pekerja sortir dan lipat surat suara tidak diizinkan membawa makanan dan minuman ke dalam gudang. Langkah-langkah ketat tersebut diambil untuk memastikan integritas proses, termasuk pemisahan dan penandaan surat suara yang rusak atau berlebihan.

Menurutnya, hal itu merupakan sebuah upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan. Surat suara juga dihitung dengan teliti di setiap ikatnya.

“Kami menekankan pentingnya pemeriksaan teliti, setiap ikat berisi 10 lembar surat suara harus dipastikan jumlahnya tepat,” katanya.

Meski sempat turun hujan dan terdapat kebocoran namun logistik tetap terjaga dan tidak terdampak. Proses pelipatan dan penyortiran surat suara berlangsung hingga pukul 21.30 WIB dengan hasil sebanyak 275.000 surat suara telah berhasil disortir, sementara 10 dus akan dilanjutkan pada hari Rabu, 10 Januari 2024.

Surat suara baik mencapai 274.790 lembar, sedangkan terdapat 50 surat suara rusak untuk di gudang Langut dan 35 Surat Suara rusak di gudang Widasari, 160 surat suara kurang kirim, dan 229 surat suara lebih.

“Sedangkan untuk hasil pengawasan di Gudang 1 Widasari. Surat suara baik hasil Sorlip 199,674, surat suara rusak 45 dan surat suara kurang kirim 315 suara suara,” ungkapnya.

Pengawasan sortir dan pelipatan surat suara juga melibatkan beberapa Pimpinan Panwaslu Kecamatan, diantaranya Panwascam Lohbener,Panwascam Indramayu, Panwascam Sindang, Panwascam Arahan, Panwascam Pasekan, Panwascam Balongan, Panwascam Jatibarang, Panwascam Bangodua dan Panwascam sliyeg. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya