Rapat Paripurna usulan Pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon Definitif. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

DPRD Kabupaten Cirebon Tetapkan 4 Pimpinan Definitif Periode 2024-2029

Ciremaitoday.com, Cirebon-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon resmi menetapkan usulan pimpinan definitif periode 2024-2029 dalam rapat paripurna pada Kamis (10/10). Dalam rapat yang berjalan lancar, Sophi Zulfia dari Fraksi PDI Perjuangan terpilih sebagai Ketua DPRD, bersama tiga Wakil Ketua, yakni R. Hasan Basori (PKB), Teguh Rusiana Merdeka (Golkar), dan Hj. Nana Kencanawati (Gerindra).

Ketua sementara DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana, menekankan bahwa rapat paripurna ini merupakan langkah penting untuk mempercepat proses kepemimpinan definitif.

“Tugas utama kami adalah mengusulkan pimpinan definitif. Setelah ini, SK pelantikan akan diajukan ke Gubernur Jawa Barat,” jelas Rudiana.

Ketua Definitif DPRD Kabupaten Cirebon terpilih, Sophi Zulfia
Ketua Definitif DPRD Kabupaten Cirebon terpilih, Sophi Zulfia

 

Percepatan Pelantikan Menjadi Prioritas

Ketua Definitif DPRD Kabupaten Cirebon terpilih, Sophi Zulfia, berharap agar Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Jawa Barat dapat segera diterbitkan. Menurutnya, percepatan pelantikan penting agar DPRD bisa segera bekerja efektif.

“Kami berharap proses di tingkat provinsi berjalan cepat, sehingga DPRD bisa langsung menjalankan tugas-tugas yang menunggu. Banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan,” ungkap Sophi.

Salah satu agenda prioritas yang akan dihadapi adalah penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD), yang menentukan struktur kerja DPRD. Sophi menjelaskan bahwa komunikasi antarfraksi akan menjadi kunci dalam pembentukan AKD.

“Kami akan berdiskusi dengan fraksi-fraksi lain untuk menentukan pimpinan AKD. Ini penting agar semua berjalan lancar,” katanya.

Agenda DPRD ke Depan

Setelah pelantikan pimpinan definitif, DPRD Kabupaten Cirebon akan segera fokus menyelesaikan sejumlah agenda penting, termasuk pembahasan anggaran tahun fiskal 2025 dan program pembangunan daerah yang sempat tertunda.

Sophi menekankan pentingnya menyelesaikan program-program yang masih tertinggal dari periode sebelumnya.

“Setelah pelantikan, kita akan langsung bekerja untuk menyelesaikan agenda prioritas, terutama terkait anggaran dan pembangunan daerah,” pungkasnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya