Pantauan arus lalu lintas di ruas Tol Cipali. Foto: dok.Astra Tol Cipali

Lonjakan Kendaraan di Tol Cipali Capai 93,3% saat Arus Balik Long Weekend Maulid Nabi

Ciremaitoday.com, Cirebon-Lalu lintas di ruas Tol Cipali mengalami peningkatan drastis selama libur panjang Maulid Nabi 1446 H. Puncak arus mudik terjadi pada Sabtu, 14 September 2024, dengan lonjakan lalu lintas mencapai 61,2% dibandingkan hari biasa. Sedangkan puncak arus balik pada Senin, 16 September 2024, mencatat peningkatan luar biasa hingga 93,3%.

Secara keseluruhan, sejak Jumat, 13 September hingga Senin, 16 September 2024, tercatat sekitar 342 ribu kendaraan melintasi ruas Tol Cipali. Angka ini jauh di atas rata-rata lalu lintas harian normal (LHR).

Head of Sustainability Management & Corporate Communications Astra Tol Cipali, Ardam Rafif Trisilo, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi secara intensif dengan Polda Jawa Barat dan Polres setempat untuk menjaga kelancaran lalu lintas.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan kelancaran dan keselamatan para pengguna jalan selama puncak arus mudik dan balik,” ungkapnya.

Dalam upaya mengatasi kepadatan, Astra Tol Cipali juga memperkuat pengawasan dan penempatan personel di titik-titik rawan kemacetan.

“Pengaturan lalu lintas di lapangan dilakukan secara berkesinambungan agar perjalanan tetap tertib dan aman,” katanya.

Dengan lonjakan arus lalu lintas yang tinggi, kerjasama antara operator tol dan aparat kepolisian menjadi kunci dalam menjaga kenyamanan para pengguna jalan. Meski terjadi kepadatan, perjalanan para pemudik terpantau aman dan terkendali berkat langkah antisipatif yang diambil.

Lonjakan kendaraan selama libur panjang ini menegaskan pentingnya kesiapan infrastruktur dan koordinasi lintas instansi dalam menghadapi masa-masa padat kendaraan seperti long weekend.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya