Wisata Alam Ciwado di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu. Foto: dok.dispara

Wujudkan 99 Program Prioritas Bupati Indramayu, Wisata Alam Ciwado Siap Diperbarui

Ciremaitoday.com, Indramayu-Sebagai bagian dari realisasi 99 program prioritas Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu siap mengembangkan kawasan Wisata Alam Ciwado di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi. Objek wisata seluas enam hektar ini akan dipugar secara menyeluruh dengan konsep baru yang menarik, menjadikannya salah satu destinasi unggulan di Indramayu.

Plt. Kepala Dispara Indramayu, Aan Hendrajana, melalui Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Hj. Ela Nurlaela Sari, menjelaskan bahwa kajian awal pengembangan sudah dilakukan dengan hasil yang positif.

“Kami telah melakukan kajian awal, dan diputuskan bahwa Wisata Alam Ciwado layak dikembangkan menjadi destinasi pariwisata baru,” ujar Ela dalam keterangan yang diterima pada Kamis (12/9).

Tahap berikutnya adalah penyusunan *Detail Engineering Design* (DED) yang akan menentukan rancang bangun rinci dari pengembangan tersebut. Dalam penyusunan DED, Dispara melibatkan berbagai dinas terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Pemdes Cikawung, Perum Perhutani, serta instansi lainnya.

Dukungan terhadap Pariwisata dan Perekonomian Lokal

Pengembangan Wisata Alam Ciwado merupakan bagian penting dari program ke-97 hingga ke-99 dalam 99 program prioritas Bupati Indramayu, yang berfokus pada potensi wisata dan revitalisasi sarana serta prasarana pariwisata.

“Program prioritas Bupati Indramayu, terutama program ke-98, menekankan agar tempat wisata tetap terjaga kelestariannya sehingga menarik bagi wisatawan dan berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Ela juga menambahkan bahwa letak geografis Ciwado yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, serta akses yang mudah dari pintu tol Cikedung, menjadikan kawasan ini memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisata alam dan religi.

“Kondisi alam yang asri dan banyaknya situs cagar budaya seperti Batu Pelalanang dan Situs Bubut menambah daya tarik kawasan ini,” ujarnya.

Pengembangan Bertahap Sesuai Zonasi

Pengembangan kawasan Wisata Alam Ciwado akan dilakukan secara bertahap dengan pembagian per zona, disesuaikan dengan kontur tanah berbukit.

“Zona 1 akan dijadikan area parkir dan tempat istirahat, serta direncanakan untuk dilengkapi dengan mini zoo. Zona 2 akan dioptimalkan untuk ekonomi kreatif, di mana para pelaku UMKM dapat memamerkan produk olahannya,” terangnya.

Selain itu, akses jalan menuju kawasan wisata sepanjang empat kilometer dari jalan utama akan diperbaiki, sehingga mempermudah wisatawan untuk berkunjung.

Pemerintah Desa Cikawung, yang turut hadir dalam rapat penyusunan DED, menyambut baik rencana pengembangan ini. Ia mendukung rencana ini, karena akan berdampak positif bagi perekonomian warga setempat.

Dengan adanya pengembangan ini, masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi kreatif, seperti berdagang dan membuka usaha di kawasan wisata.

Pengembangan Wisata Alam Ciwado diharapkan tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga menjadi katalisator bagi perekonomian masyarakat sekitar, sejalan dengan visi Bupati Indramayu untuk memajukan sektor pariwisata dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya