Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur, bupati, dan wali kota di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Selasa (13/8). Foto: dok.Kemenkominfo

Jokowi Ajak Kepala Daerah Terapkan Konsep IKN: Rancang Kota Masa Depan dengan Visi Jelas

Ciremaitoday.com, Kalimantan-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya perencanaan dan pembangunan kota yang berorientasi pada masa depan saat memberikan pengarahan kepada para gubernur, bupati, dan wali kota di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Selasa (13/8).

Presiden menyambut para kepala daerah dengan menggambarkan IKN sebagai simbol kemampuan bangsa dalam merancang kota yang sesuai dengan visi dan kebutuhan Indonesia masa depan.

“Selamat datang di Ibu Kota Nusantara,” ujar Presiden Jokowi membuka sambutannya, menyoroti IKN sebagai contoh kota masa depan yang dirancang dengan konsep *forest city* kota yang mengutamakan lingkungan hijau, seperti dikutip dari situs resmi Kemenkominfo, Selasa (13/8).

Presiden Jokowi mengajak para kepala daerah untuk meniru dan menerapkan konsep serupa di daerah masing-masing. Ia menekankan pentingnya perencanaan jangka panjang yang matang, meskipun mungkin tidak selesai dalam satu periode kepemimpinan.

“Saya kira di semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa merencanakan dan mengonsep kotanya menjadi apa yang diinginkan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa IKN dirancang sebagai smart city yang didukung oleh teknologi modern dan sebagai liveable city kota yang nyaman untuk ditinggali, dengan kualitas lingkungan yang sehat. Ia menyoroti kualitas udara di IKN yang sangat baik.

“Kemarin pagi saya cek di Ibu Kota Nusantara, air quality index-nya hanya 6,” katanya.

Selain itu, Jokowi juga menekankan pentingnya energi hijau dan transportasi massal yang ramah lingkungan.

“Kota-kota yang mulai macet, baik di Jawa maupun di luar Jawa, harus mulai memikirkan transportasi massal yang tepat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga membahas perkembangan investasi di IKN, dengan menyebutkan bahwa sudah ada 55 investor yang terlibat dalam berbagai proyek di bidang pendidikan, kesehatan, perbankan, hingga teknologi. Presiden mengajak para kepala daerah untuk meniru model investasi ini dengan membangun kepercayaan dan mempermudah investor untuk masuk.

Menutup pengarahannya, Jokowi berharap apa yang telah dilihat dan dipelajari oleh para kepala daerah selama kunjungan mereka ke IKN dapat diimplementasikan di daerah masing-masing.

“Apa yang kita lihat di sini semoga bisa diterapkan di daerah masing-masing, membawa manfaat nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya