Caption: Yoga Setiawan, memakai rompi merah berlambang banteng PDIP saat menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran dirinya sebagai bacalon Wakil Bupati Cirebon ke pengurus DPC PDIP Kabupaten Cirebon. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

Mundurnya Mantan Wabup Cirebon dari PDIP Buka Peluang Kuat untuk Yoga Setiawan di Pilkada

Ciremaitoday.com, Cirebon-Mundurnya Mantan Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih (Ayu), dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, membuka peluang besar bagi Yoga Setiawan. Pasalnya, selain keluar dari PDIP, Ayu juga mendaftarkan dirinya ke Gerindra untuk maju sebagai bakal calon bupati Cirebon.

Salah seorang pengamat politik di Cirebon, Wahyono, menilai, keluarnya Ayu menguatkan posisi Imron untuk dicalonkan sebagai Bupati Cirebon, yang secara otomatis meningkatkan peluang Yoga sebagai calon Wakil Bupati dari PDIP.

“Waktu masih ada wacana PDIP mengusung pasangan Imron-Ayu atau Ayu-Imron, peluang Yoga sepertinya sudah tertutup. Tapi dengan daftarnya Ayu ke partai lain, peluang Imron untuk mendapatkan rekomendasi itu sangat besar, termasuk peluang Yoga sebagai cawabup. Dia sudah punya pengalaman sebagai anggota DPRD Kabupaten Cirebon,” ujar Wahyono kepada wartawan, Rabu (12/6).

Caption : Istri mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, Wahyu Tjiptaningsih, saat masih menjabat Wakil Bupati Cirebon. Foto : dok.Diskominfo Kabupaten Cirebon

 

Wahyono menjelaskan bahwa wacana baru yang menyebut pasangan Selly-Imron adalah hal yang biasa, namun dia yakin Selly tidak akan mau mengambil risiko berkompetisi dalam Pilkada Kabupaten Cirebon.

“Selly kemungkinan akan memilih menjadi anggota DPR-RI hasil Pemilu tahun ini. Dengan kondisi seperti itu, rekomendasi kemungkinan besar akan kembali diberikan kepada Imron,” katanya.

PDIP Masih Kuat di Kabupaten Cirebon

Menurut Wahyono, PDIP kemungkinan besar akan mengusung satu paket di detik-detik akhir meskipun ada isu DPC PDIP Kabupaten Cirebon akan berkoalisi.

“Pasangan Imron-Yoga itu cukup ideal. Tinggal komunikasi intens antara mereka dengan DPC dan DPP. Kalau ada kesamaan visi misi, saya kira tidak ada yang sulit dicapai kata kesepakatan,” tandasnya.

Caption: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana, saat rapat paripurna di Kantor DPRD setempat. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

 

Sementara itu, Bendahara Umum DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Rudiana, mengungkapkan bahwa semua bakal calon bupati dan wakil bupati Cirebon yang diusung PDIP memiliki peluang yang kuat, termasuk Yoga Setiawan.

“Saat ini survei sedang dilakukan DPP untuk melihat seberapa jauh kekuatan masing-masing calon. Kalau survei sudah selesai, pasti akan ada keputusan apakah satu paket atau berkoalisi,” kata Rudiana.

“Yoga punya kans yang cukup kuat juga. Tapi tunggu saja, semua keputusan ada di DPP,” ucapnya.

Dengan dinamika politik yang terus berkembang, peluang Yoga Setiawan untuk maju sebagai Wakil Bupati Cirebon semakin terbuka lebar, terutama setelah keluarnya Wahyu Tjiptaningsih dari PDIP.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya