Caption: Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Foto: dok.PDIP

Megawati Tegaskan Pentingnya Check and Balance di Era Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ciremaitoday.com, Jakarta -Dalam pidato politiknya pada Rakernas V di Beach City International Stadium (BCIS), Jumat (24/5), Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menekankan pentingnya menjaga prinsip check and balance dalam pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk periode 2024-2029.

“Dalam menyikapi politik ke depan sebagai partai yang memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan demokrasi, kita tetap menempatkan pentingnya check and balance. Demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang,” ujar Megawati.

Megawati juga menyoroti esensi politik yang tidak lepas dari upaya mendapatkan kekuasaan. Namun, ia menekankan perbedaan strategi yang digunakan oleh PDI Perjuangan.

“Namun, kita tidak juga menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk selalu mendapatkan kekuasaan. Hanya bedanya adalah strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan yang membedakan kita dengan yang lainnya,” lanjutnya.

PDI Perjuangan, menurut Megawati, akan mencermati dengan seksama sebelum menentukan sikap politiknya ke depan. Ia menekankan pentingnya mendengarkan suara dari akar rumput.

“Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput, dari yang berteriak-teriak sampai yang sayup-sayup, dan terus berjuang untuk mewujudkan demokrasi yang sehat. Inilah bagian dari skala prioritas di Rakernas V ini,” kata Megawati.

Sebagai Presiden ke-5 RI, Megawati juga menegaskan bahwa keputusan partai tidak hanya untuk kepentingan PDI Perjuangan, tetapi sebagai bentuk tanggung jawab terhadap persoalan bangsa.

“Apa yang saya pikirkan saat ini lebih pada tanggung jawab agar berbagai persoalan yang berkaitan dengan perekonomian rakyat mendapat perhatian serius. Perekonomian jangan dipersempit hanya sebagai upaya mengundang investor,” tegasnya.

Megawati menekankan bahwa perekonomian harus berorientasi pada kesejahteraan rakyat, termasuk dalam menyediakan lapangan kerja dan ketersediaan pangan dengan harga terjangkau.

“Perekonomian bersentuhan dengan hak rakyat untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, ketersediaan pangan dengan harga terjangkau, dan bagaimana merancang jalan agar Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri,” tutupnya.

Rakernas V PDI Perjuangan ini menjadi momen penting untuk menentukan langkah strategis partai dalam menyikapi pemerintahan mendatang, sekaligus menunjukkan komitmen PDI Perjuangan terhadap demokrasi yang sehat dan kesejahteraan rakyat.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya